TSABITA RAFIDATI (2023) REPRESENTASI RUANG DOMESTIK PADA IKLAN TELEVISI KECAP ABC VERSI �SUAMI SEJATI MAU MASAK, TERIMA KASIH KECAP ABC� DAN �KECAP ABC MENDUKUNG KESETARAAN DI DAPUR DI HARI KESETARAAN PEREMPUAN�. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (331kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (963kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
![[thumbnail of Naskah Publikasi]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Iklan secara tidak sadar terus menerus melanggengkan nilai-nilai pemisahan ruang gerak berdasarkan gender. Laki-laki selalu digambarkan identik dengan ruang publik sedangkan perempuan selalu ditempatkan dalam ruang domestik. Berbeda dari iklan-iklan kebanyakan, iklan Kecap ABC versi �Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC� dan �Kecap ABC Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan� secara sekilas menyuguhkan dobrakan yang memperlihatkan bahwa ruang domestik bisa ditempati oleh laki-laki. Setelah melakukan penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis representasi yang ditampilkan, peneliti mendapat kesimpulan bahwa iklan ini sama seperti iklan-iklan lain yang menampilkan pembagian ruang berdasarkan gender namun dapat saling membantu. Meskipun sudah progresif, ruang domestik dalam iklan ini masih saja didominasi dan menjadi tanggung jawab perempuan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Domestic Space, Gender Equality, Representation in Advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40781 |