TSABITA RAFIDATI (2023) REPRESENTASI RUANG DOMESTIK PADA IKLAN TELEVISI KECAP ABC VERSI �SUAMI SEJATI MAU MASAK, TERIMA KASIH KECAP ABC� DAN �KECAP ABC MENDUKUNG KESETARAAN DI DAPUR DI HARI KESETARAAN PEREMPUAN�. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (331kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (288kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Iklan secara tidak sadar terus menerus melanggengkan nilai-nilai pemisahan ruang gerak berdasarkan gender. Laki-laki selalu digambarkan identik dengan ruang publik sedangkan perempuan selalu ditempatkan dalam ruang domestik. Berbeda dari iklan-iklan kebanyakan, iklan Kecap ABC versi �Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC� dan �Kecap ABC Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan� secara sekilas menyuguhkan dobrakan yang memperlihatkan bahwa ruang domestik bisa ditempati oleh laki-laki. Setelah melakukan penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis representasi yang ditampilkan, peneliti mendapat kesimpulan bahwa iklan ini sama seperti iklan-iklan lain yang menampilkan pembagian ruang berdasarkan gender namun dapat saling membantu. Meskipun sudah progresif, ruang domestik dalam iklan ini masih saja didominasi dan menjadi tanggung jawab perempuan.
| Dosen Pembimbing: | Muria Endah Sokowati, Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0530047602 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Domestic Space, Gender Equality, Representation in Advertising |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:13 |
| Last Modified: | 26 Oct 2023 06:13 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
