PEMBUATAN PROTOTYPE GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENULISAN HANGUL

ANNISA RISYAFA FEBRIYANTI (2023) PEMBUATAN PROTOTYPE GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENULISAN HANGUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Antusiasme untuk belajar Bahasa Korea meningkat sebagai dampak dari "Hallyu Wave". Agar bisa menguasai Bahasa Korea, maka pembelajaran Hangul sebagai aksara yang digunakan dalam bahasa tersebut menjadi penting.  Namun, media pembelajaran saat ini hanya berfokus pada pengenalan bentuk dan cara membaca huruf Hangul. Padahal, sebagai bahasa alphabetic syllabary, penulisan Hangul dilakukan dengan blok silabel yang disusun menurut aturan tertentu. Oleh karena itu, butuh media pembelajaran yang lebih fokus pada penulisan Hangul, khususnya aturan pembentukan blok silabel.Penelitian ini melihat game mechanical puzzle memiliki potensi sebagai solusi untuk masalah itu. Hal ini dikarenakan oleh fakta bahwa game tersebut mendorong pemain untuk menjawab pertanyaan dengan menyusun potongan-potongan sesuai dengan aturan tertentu. Jika aturan penyusunan puzzle berhubungan dengan aturan pembentukan blok silabel, maka game tersebut dapat digunakan untuk mengajarkan pemain penulisan Hangul.Untuk meneliti potensi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan prototype yang berfokus pada pembelajaran penulisan Hangul dengan mengenalkan aturan pembentukan kosa kata. Sehingga, ada 3 tahapan yang dilalukan dalam penelitian ini: pembuatan konsep awal, pembuatan prototype, dan pengujian prototype. Hasil yang ditargetkan dari penelitian ini adalah sebuah paper prototype game dan sebuah tampilan antarmuka dari game.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game, Hangul, Paper Prototype, Mechanical Puzzle
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:52
Last Modified: 24 Oct 2023 07:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40967

Actions (login required)

View Item
View Item