ANNISA RISYAFA FEBRIYANTI (2023) PEMBUATAN PROTOTYPE GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENULISAN HANGUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (327kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (28kB)
Bab I.pdf
Download (127kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (850kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Antusiasme untuk belajar Bahasa Korea meningkat sebagai dampak dari "Hallyu Wave". Agar bisa menguasai Bahasa Korea, maka pembelajaran Hangul sebagai aksara yang digunakan dalam bahasa tersebut menjadi penting. Namun, media pembelajaran saat ini hanya berfokus pada pengenalan bentuk dan cara membaca huruf Hangul. Padahal, sebagai bahasa alphabetic syllabary, penulisan Hangul dilakukan dengan blok silabel yang disusun menurut aturan tertentu. Oleh karena itu, butuh media pembelajaran yang lebih fokus pada penulisan Hangul, khususnya aturan pembentukan blok silabel.Penelitian ini melihat game mechanical puzzle memiliki potensi sebagai solusi untuk masalah itu. Hal ini dikarenakan oleh fakta bahwa game tersebut mendorong pemain untuk menjawab pertanyaan dengan menyusun potongan-potongan sesuai dengan aturan tertentu. Jika aturan penyusunan puzzle berhubungan dengan aturan pembentukan blok silabel, maka game tersebut dapat digunakan untuk mengajarkan pemain penulisan Hangul.Untuk meneliti potensi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan prototype yang berfokus pada pembelajaran penulisan Hangul dengan mengenalkan aturan pembentukan kosa kata. Sehingga, ada 3 tahapan yang dilalukan dalam penelitian ini: pembuatan konsep awal, pembuatan prototype, dan pengujian prototype. Hasil yang ditargetkan dari penelitian ini adalah sebuah paper prototype game dan sebuah tampilan antarmuka dari game.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Hangul, Paper Prototype, Mechanical Puzzle |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:52 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40967 |