Sarifatul Kusmarawati (2020) KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di SD IT dan SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan kecerdasan emosional peserta didik di lembaga pendidikan Islam yang dilakukan di SD IT dan SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan mix method yaitu pendekatan kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala Likert, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis deskriptif frekuensi serta analisis deskriptif item soal kuisioner (kuantitatif).
Hasil penelitian ini yaitu : (1) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik di SD IT Alam Nurul Islam Yogyakarta menunjukan hasil sedang (50,6 %); (2) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik di SMP IT Alam Nurul Islam Nurul Islam Yogyakarta menunjukan hasil sedang (64,1%); (3) Pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di lembaga pendidikan Islam memiliki konsep yang tidak hanya mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik melainkan juga memberikan pemahaman tentang keagamaan yang maksimal; (4) Faktor yang memengaruhi dalam perkembangan kecerdasan emosional siswa di SD IT dan SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta adalah jenis kelamin, pola asuh orangtua, lingkungan sekolah, dan kondisi siswa (faktor internal).
Kata Kunci : kecerdasan emosional, peserta didik, lembaga pendidikan Islam.
Dosen Pembimbing: | ANISA DWI MAKRUFI, M.Pd.I | NIDN0505089001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 01:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |