Iffah Khoiriyah (2021) The Implementation of Active Learning on Teaching English in Online Learning Based on Teachers Experiences in a Private University in Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran aktif merupakan pendekatan pengajaran yang populer di kalangan guru. Dalam pembelajaran aktif, siswa didorong untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran aktif biasanya diterapkan dalam pembelajaran offline. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, pembelajaran online menjadi lebih populer di bidang pendidikan. Lebih lanjut, para guru berupaya menerapkan pembelajaran aktif di kelasnya. Penelitian ini difokuskan untuk mengeksplorasi bagaimana guru menerapkan pembelajaran aktif dalam pengajaran bahasa Inggris dalam pembelajaran online. Kualitatif digunakan sebagai desain penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran aktif melalui dua kegiatan utama yaitu kegiatan individu dan kegiatan kelompok. Dalam kegiatan individu, guru menerapkan umpan balik dan tinjauan rekan serta membaca materi individu dan tugas pemahaman. Sedangkan dalam kegiatan kelompok guru melaksanakan presentasi kelompok, diskusi kelompok terfokus, bermain peran, dan pembawa acara. Manfaat berikutnya dari penerapan pembelajaran aktif. Yang pertama adalah menekankan pada pembelajaran yang berfokus pada siswa, yang kedua adalah meningkatkan pemahaman siswa, dan yang terakhir adalah meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Sedangkan tantangan pelaksanaan pembelajaran aktif adalah pengalaman guru yang kurang memadai dan ketidak mampuan untuk memantau kemajuan siswa.
Dosen Pembimbing: | Gendroyono, S.Pd., M.Pd. | NIDN0525017501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:26 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |