REZA RIMBA FEBRIAN (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas secara deskriptif tentang pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 7 di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui terkait pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan jenis kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah peserta yang dipilih menggunakan Purposive Random Sampling yaitu peserta didik kelas 7 dengan jumlah 159 peserta didik, dengan sampel penelitian sebanyak 74 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan model angket tertutup. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif sederhana, dan regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa pengaruh self regulated learning dan dukungan orang tua tergolong pada kategori sedang. Kemudian motivasi belajar peserta didik masuk kategori sedang. Hasil analisis coefficient dan regresi menunjukan bahwa self regulated learning dan dukungan orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan stimultan terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dari nilai rhitung X1 (2,549) dan rhitung X2 (2,975) > rtabel (0,235). Dan untuk uji F diketahui nilai Fhitung (9,763) > Ftabel (3,124).
Dosen Pembimbing: | Akif Khilmiyah, Dr., M.Ag. | NIDN0512026801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | self regulated learning, parental support, learning motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |