MARIYAH SUCI ANGGRAINI (2023) METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR MEMBACA AL-QUR'AN BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra. didalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan metode studi lapangan. Masalah yang terjadi di MTS LB/A Yaketunis adalah terdapat beberapa siswa tunanetra yang kurang paham dengan Al-Qur�an braille selain itu juga siswa tunanetra susah membedakan huruf-huruf yang ada di Al-Qur�an braille. Hasil penelitian Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada Al-Qur�an braille, Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara mengenalkan rumusan titik-titik pada huruf braille dan Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra dengan cara memberi tahu letak harakat dan sakel yang berada di Al-Qur�an braille. Faktor pendukung di MTS LB/A Yaketunis yaitu Braille text, Al-Qur�an braille dan media audio. Faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam membaca Al-Qur�an braille pada siswa tunanetra adalah tingkat perabaan siswa tunanetra dalam membaca Al-Qur�an braille harus dilatih kembali, siswa tunanetra kurang konsisten dalam belajar membaca Al-Qur�an braille dan orang tua tidak mengajar membaca Al-Qur�an braille pada anak dirumah.
Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PAI Teacher Method, Braille Al-Qur'an, Blind Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 03:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |