AMALIA FEBRIYANTI (2023) DAMPAK TAYANGAN UPIN-IPIN TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS III SDIT AL-MA'RUF TEGALREJO MAGELANG). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Film kartun adalah salah satu produk tayangan diberbagai media yang dapat mendidik dan mengubah perilaku sosial anak di SDIT Al-Ma�ruf Tegalrejo Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak tayangan Upin-Ipin terhadap perilaku sosial siswa kelas 3 di SDIT Al-Ma�ruf Tegalrejo Magelang. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wali kelas III, Guru kelas III, dan 3 Siswa dari kelas III. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tayangan Upin Ipin memberikan dampak positif terhadap perilaku sosial siswa dengan melihat peningkatan kemampuan siswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik serta membantu meningkatkan empati siswa terhadap orang lain. (2) karakter-karakter dalam tayangan Upin Ipin memiliki nilai-nilai positif tentang perilaku sosial serta mudah untuk dipahami dan dipraktikkan oleh anak dalam kesehariannya. (3) Tayangan seperti Upin-Ipin yang menyajikan nilai-nilai sosial yang positif dan interaksi sosial yang baik dapat memiliki potensi untuk memengaruhi perilaku sosial siswa kelas 3. (4) Dampak tayangan terhadap perilaku sosial siswa tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja, tetapi lingkungan keluarga, sekolah, dan interaksi sehari-hari juga berperan penting dalam membentuk perilaku sosial siswa.
Dosen Pembimbing: | Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. and Cahyo Setiadi Ramadhan, S.Psi., M.Psi., Psi. | NIDN0505058601, NIDN0506058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Upin and Ipin TV Series, Social Behavior, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |