ARIEF WIDAYANTO (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI PASCA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sebagai pendidik, guru PAI harus mempertahankan kompetensinya. Peran managerial kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan kompetensi guru pasca pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI pasca pandemi covid-19 di SD Negeri Tlogo dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti meliputi kepala sekolah, guru PAI dan guru bidang kurikulum. Adapun Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah: 1) Guru PAI di SD Negeri Tlogo pasca pandemi ini memiliki kompetensi keseluruhan yang cukup baik, karena guru PAI di SD Negeri Tlogo dapat mengaplikasikan kompetensi yang dimilikinya dengan menyesuaikan kondisi saat ini dalam proses belajar mengajar. 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI SD Negeri Tlogo pasca pandemi adalah mendorong guru untuk mengikuti pelatihan, diklat, KKG, pembinaan disiplin guru, menciptakan suasana akrab bersama stakeholder dan melakukan supervisi, pengawasan, pendampingan serta pemberian motivasi kepada guru. 3) Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI pasca pandemi di SD Negeri Tlogo yaitu etos kerja yang baik, kesemangatan dan keseriusan guru PAI untuk meningkatkan kompetensi yang wajib dimiliki serta sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan pencairan dana dan kurangnya guru PAI dalam memahami kurikulum merdeka.
Dosen Pembimbing: | Fitriah, Dr., S.Pd.I., M.Ag. and Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN19781017202010243010, NIDN19860801201610 113 065 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | strategy, principal, PAI teacher competence |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:48 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |