MAHSUNA ALFIANI (2023) EFEKTIVITAS EDUKASI KESEHATAN PADA SIKAP SISWA SMA TERHADAP ORANG DENGAN DEMENSIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
AbstrakPendahuluan: Prevalensi Orang dengan Demensia (ODD) di Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 1,2 juta orang, angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 2 juta pada tahun 2030 dan bahkan mencapai 4 juta pada tahun 2050. Tingginya prevelensi ODD, semakin diperburuk akibat rendahnya pengetahuan, adanya stigma negatif, dan kurangnya kesadaran masyarakat umum mengenai demensia dan orang dengan demensia.Tujuan: Mengetahui keefektivan edukasi kesehatan pada sikap siswa SMA terhadap orang dengan demensia.Metode: Penelitian ekperimental pretest-posttest dengan 2 kelompok (intervensi dan kontrol) menggunakan desain penelitian deskriptif numerikal. Sampel ditentukan menggunakan metode proportionate stratified random sampling, terdiri dari 30 responden pada kelompok intervensi dan 30 responden pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner DAS (Dementia Assessment Scale). Kelompok intervensi menerima edukasi selama 4 minggu dengan 4 pertemuan (2 pertemuan offline dan 2 pertemuan online), sementara kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji Wilcoxon, dan uji Mann-Whitney.Hasil: Perbandingan nilai pada kelompok intervensi dan kontrol melalui pre dan postest ditemukan peningkatan nilai rata-rata (82,10±121,83) pada kelompok intervensi, sedangkan pada kelompok kontrol mengalami penurunan (83,50±80,93) dengan nilai p =0,001 (p kurang dari 0.05)Kesimpulan: Temuan ini mengonfirmasi peran penting edukasi kesehatan dalam mengubah sikap siswa menjadi lebih positif dengan mampu meningkatkan pemahaman dan sikap mereka terkait demensia dan Orang dengan Demensia.
Dosen Pembimbing: | Wulan Noviani, S.Kep., Ns., M.M. and Resti Yulianti Sutrisno, M.Kep,Ns.,Sp.Kep.MB | NIDN0516118603, NIDN0519078701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Dementia, DAS Score, Elderly |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 07:39 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |