AZHRAH FATIMAH AYUNURROCHIM (2023) HUBUNGAN ADIKSI GADGET DENGAN PERUBAHAN EMOSI PADA ANAK PRASEKOLAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (219kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (138kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendahuluan : Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat Indonesia kini menghabiskan waktunya untuk beraktivitas melalui gadget. Penggunaan gadget khususnya jenis smartphone di Indonesia mengalami peningkatan hingga 100 juta pengguna pada tahun 2018. Salah satu pengguna aktif gadget yaitu anak-anak usia prasekolah dimana anak tersebut belum layak untuk menggunakan gadget. Anak dalam masa prasekolah yaitu anak-anak dengan usia 3-6 tahun. Saat ini sering ditemui bahwa jika anak menggunakan gadget, dan gadget diminta maka anak mengamuk atau marah.Tujuan Penelitian : Bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi gadget dengan perubahan emosi pada anak prasekolah.Metode : Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jenis non eksperimental, menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross-sectional dan uji statistic Pearson Correlation. Sampel yang diambil sebanyak 215 orang dengan menggunakan Total Sampling. Data yang diambil menggunakan instrumen berupa kuesioner SASC-P dan kuesioner SDQ-PR.Hasil : Hasil uji statistik menunjukan bahwa adiksi gadget anak pra sekolah rata-rata 40,27 dan perubahan emosi rata-rata 16,77. Hasil analisis pearson correlation menunjukan bahwa nilai significancy (p) sebesar 0,000 (p kurangdari 0.05)Kesimpulan : Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara kecanduan gadget dengan perubahan emosi pada anak prasekolah. Sehingga semakin tinggi skor adiksi, semakin besar pula perubahan emosi pada anak prasekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gadget addiction, Preschoolers, Emotional changes |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 08:23 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 08:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41704 |