FITRI HIDAYATI (2023) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PASCA PANDEMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu self-regulated learning pada mahasiswa, mencari tahu prokrastinasi akademik pada mahasiswa, membuktikan hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pasca pandemi pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian sebanyak 524 mahasiswa, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 120 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. teknik pengolahan data dilakukan dengan cara uji validitas dan reliabiltas data. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik, uji normalitas, dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat self-regulated learning mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 55%. Adapun prokrastinasi akademik yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 48%. Hasil uji korelasi product moment yang dilakukan didapat hasil pada taraf signifikansi 0.000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0.738. dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik. Artinya semakin tinggi self-regulated learning mahasiswa, maka tingkat prokrastinasinya semakin rendah, begitu juga sebaliknya semakin rendah self-regulated learning mahasiswa, maka tingkat prokrastinasinya semakin tinggi.
Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. and Firman Mansir, Dr., M.Pd.I. | NIDN0501088601, NIDN0407058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Relationship, Self-Regulated Learning, Academic Procrastination |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 07:04 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 07:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |