AFIFATUL AZIZAH (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENJUALAN PRODUK OBRAL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kedudukan konsumen sangat rentan dibandingkan dengan pelaku usaha sehingga seringkali konsumen dikelabui oleh pelaku usaha terkhususnya dalam kasus obral. Posisi konsumen yang rentan tersebut memerlukan adanya perlindungan bagi konsumen agar konsumen tidak mendapatkan kerugian. Perlindungan konsumen diatura dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait perlindungan hukum bagi konsumen atas pembelian produk obral dengan informasi tidak jelas atau syarat tersembunyi. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Hukum Normatif dengan teknik Analisa dilakukan secara preskriptif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (Statute Approach). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penjualan produk obral di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dalam Undang-Undang Tersebut diatur mengenai batasan bagi pelaku usaha untuk melakukan obral, hal ini tercantum dalam pasal 11. Dalam hal konsumen mengalami kerugian akibat penjualan produk obral, konsumen dapat melakukan sengketa dengan pelaku usaha. Penyelesaian sengketa ini dapat dilakukan diluar pengadilan maupun didalam pengadilan.
Dosen Pembimbing: | Reni Budi Setianingrum, Dr, S.H., M.Kn. | NIDN0515028201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Legal Protection, Consumers, Business Actors, Sale. |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 06:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 06:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |