FATHINAH HANUN (2023) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA DAN MENDENGARKAN AL-QUR'AN TERHADAP PENURUNAN ACADEMIC ANXIETY PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (797kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecemasan akademik merupakan salah satu masalah kesehatan mental dalam ilmu psikologi manusia yang kini cukup menjadi perhatian berbagai pihak khususnya yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Kecemasan akademik ini banyak ditemui pada peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai dengan mahasiswa, dimana timbulnya kecemasan tersebut dipicu oleh beberapa faktor yaitu keluarga, lingkungan, kemampuan mengontrol diri seseorang dan lainnya. Sehubungan dengan masalah ini, dalam agama Islam al-Qur�an merupakan kitab suci dan pedoman umat yang juga memberikan manfaat berupa menenangkan pikiran manusia baik dengan membaca atau mendengarkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari intensitas mahasiswa dalam membaca dan mendengarkan al-Qur�an terhadap kecemasan akademik yang dialami oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar angket skala likert 5 kategori yang diberikan kepada mahasiswa. Teknik analisis data yang dipakai ialah regresi linier berganda melihat dari jumlah variabel independen yang lebih dari satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca al-Qur�an dan mendengarkan al-Quran memberikan pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kecemasan akademik mahasiswa diketahui dengan semakin tinggi intensitas membaca dan mendengarkan al-Qur�an maka semakin berkurang adanya indikasi kecemasan akademik seperti perilaku prokrastinasi, kesulitan untuk fokus dalam belajar, dan juga reaksi fisik.
Dosen Pembimbing: | Firman Mansir, Dr., M.Pd.I. | NIDN0407058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Reading Intensity, Listening Intensity, Academic Anxiety. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 06:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 06:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |