Hesti Nur Ajizah (2021) Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Level Dasar Pada Tinggkat I Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2020/2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (679kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
<p>Penelitian ini berjudul penerapan metode <em>mind mapping</em> pada mata kuliah <em>Shokyu Moji Goi.</em> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan tanggapan pembelajar terhadap metode <em>mind mapping</em> pada mata kuliah <em>Shokyu Moji Goi</em>. Sampel pada penelitian ini berfokus pada mahasiswa tingkat I semester satu kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana data diproleh dengan cara pemberian tugas kepada responden, alur pembelajaran, data demografi dan memberikan angket kepada responden. Teknik pengumpulan data berupa pedoman observasi yang dilaksanakan sebanyak empat pertemuan, angket yang terdiri dari pernyataan sebanyak 16 pernyataan, dan wawancara yang dilakukan kepada dosen pengampu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa metode<em> mind mapping</em> membantu pembelajar dalam mengingat kosakata bahasa Jepang dan memudahkan pembelajar menulis, membaca, mengidentifikasi kosakata bahasa Jepang. Pada penerapan metode <em>mind mapping</em> ini tanggapan mahasiswa sangat baik. Dengan demikian, metode ini mempunyai pegaruh baik terhadap mahasiswa pada saat mata kuliah berlangsung. Jadi metode mind mapping dapat diterapkan dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang.</p>
<p>Kata kunci: penerapan, <em>metode mind mapping, shokyu moji goi</em></p>
Dosen Pembimbing: | Rosi Rosiah, S.Pd., M.Pd. | NIDN0501018602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 06:46 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |