MUHAMMAD NIZAMUDIN FAKHRUL MULK (2023) METODE KONSTRUKTIVISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF: IMAM AL GHAZALI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa dalam menyampaikan pendidikan Islam memiliki berbagai macam metode yang dilakukan dengan pengajaran dan pembelajaran, salah satunya adalah metode konstruktivistik yang menekankan bahwa pengetahuan yang ada merupakan hasil dari konstruksi diri sendiri, serta perspektif Imam Al-Ghaz?li dalam menjelaskan metode konstruktivistik dalam pendidikan Islam serta konteksktuakisasi pada era sekarang di dalam kitabnya Ayyuha Al-Walad secara jelas.Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan penelitian pustaka (library reseach), yaitu menelusuri dan mengkaji data-data yang berhubungan dengan masalah penelitian dari literatur atau pustaka, misalnya kitab-kitab, buku-buku, jurnal, skripsi, makalah, artikel, dan website yang terpercaya dan kredibel.Hasilnya bahwa dengan mempelejari metode konstruktivistik dalam pendidikan Islam akan mendorong siswa untuk suka membaca karena penasaran dengan apa yang berlanjut akan dikerjakan selanjutnya serta akan lebih menghargai proses belajar, meningkatkan minat bakat untuk belajar, meningkatkan pemahaman terhadap pembelajaran agama, meningkatkan kesadaran dalam menjalankan ajaran agama Islam.
Dosen Pembimbing: | Syamsudin, Drs., M.Pd. and Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0510076301, NIDN0520039101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Method, Constructivism, Islamic Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 03:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 03:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/41994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |