DHIYAH SYAFITRI NURLIA (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN YOUTUBE BLIBLI "BE THE ORIGINAL YOU". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perempuan yang memiliki daya tarik tersendiri dan kecantikan merupakan senjata yang sering di pakai iklan untuk menarik perhatian khalayak. Pada iklan ini perempuan di tampilkan dengan secara bebas memperlihatkan identitas diri mereka yang penuh dengan kepercayaan diri, sukses, mempunyai kebebasan untuk mengekspresikan dirinya, dan terlihat seperti tidak memperdulikan stigma yang melekat pada perempuan, namun dalam prosesnya blibli memperlihatkan sosok perempuan tersebut seakan- akan membutuhkan sesuatu untuk dapat memiliki kekuatan tersebut yaitu, pakaian. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes yang menguraikan mitos � mitos yang terdapat dalam setiap scene dan narasi dalam iklan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam iklan ini Blibli ingin menunjukan citra perempuan moderen yang sukses namun dalam prosesnya tetap menunjukan perempuan yang masih bergantung kepada pakaian untuk dapat menunjukan citra tersebut, perempuan juga harus mengkonsumsi barang untuk dapat memperlihatkan identitas diri mereka melalui cara mereka berpakaian.
Dosen Pembimbing: | Firly Annisa, S.IP., M.A., Ph.D | NIDN0515088401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Representation in advertising, Women, Postfeminism, SemioticAnalysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 03:56 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 03:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |