Hajar Fatma Sari (2021) Persepsi Perawat dan Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Standar Rumah Sakit Syariah di Ruang Rawat Inap RSU Islam Klaten. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Pada tahun 2016 Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) telah mengeluarkan fatwa tentang standar RS Syariah yang merupakan standar RS syariah resmi pertama di dunia. RSU Islam Klaten mendapatkan sertifikasi RS Syariah dari DSN MUI pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persepsi perawat dan kepuasan pasien terhadap penerapan standar syariah di RSU Islam Klaten. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional, kuantitatif, yang melibatkan 78 orang perawat rawat inap dengan masa kerja > 2 tahun dan 263 pasien rawat inap muslim yang telah dirawat minimal 2x24 jam. Penelitian dilakukan selama 1 bulan dengan pengambilan data melalui kuesioner. Hasil: 10,5% perawat memiliki persepsi yang cukup baik dan dan 89,5% memiliki persepsi baik terhadap penerapan standar syariah, dan tidak ada perbedaan yang bermakna diantara berbagai karakteristik demografi responden. 0,3% pasien menyatakan implementasi pelayanan syariah masih kurang, 5,5% menyatakan cukup baik dan 94,2% pasien menyatakan baik. 8,8% pasien menyatakan cukup puas dengan penerapan standar syariah dan 91,2% menyatakan puas dan tidak ada perbedaan yang bermakna diantara berbagai karakteristik demografi responden. Terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan syariah dan kepuasan pasien terhadap penerapan standar syariah di RSU Islam Klaten. xv Kesimpulan: Pada umumnya perawat memiliki persepsi yang baik terhadap penerapan standar RS Syariah. Pada umumnya pasien merasa puas terhadap penerapan standar RS Syariah di RSU Islam Klaten. Tidak ada perbedaan yang bermakna diantara berbagai karakteristik demografi perawat maupun pasien yang menandakan bahwa perespsi perawat dan kepuasan pasien merata pada semua karakteristik demografik responden.
Kata kunci: standar rumah sakit syariah, persepsi perawat, kepuasan pasien
Dosen Pembimbing: | Sri Sundari, Dr. dr, M.Kes | NIDN0513046701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 06:16 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 06:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |