IKSORA WINDI PRASTIKA (2023) THE CORRELATION BETWEEN SPEAKING-SELF CONFIDENCE AND SPEAKING PERFORMANCE OF EFL LEARNERS AT A PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam mempelajari bahasa Inggris, siswa harus menguasai keterampilan berbicara. Untuk dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, mereka perlu memiliki rasa percaya diri dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat kepercayaan diri berbicara siswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED), tingkat kinerja berbicara siswa ELED, dan untuk menentukan korelasi antara kepercayaan diri berbicara dan kinerja berbicara siswa ELED di Private Universitas Islam Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Respondennya adalah 96 mahasiswa ELED angkatan 2022 di salah satu perguruan tinggi swasta Islam di Yogyakarta. Kuesioner yang terdiri dari 25 item dibagikan untuk mengumpulkan data kepercayaan diri berbicara dan analisis dokumen digunakan untuk mendapatkan skor berbicara siswa dalam matakuliah Mendengarkan dan Berbicara untuk Percakapan Harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepercayaan diri berbicara siswa adalah 73,01 yang berada pada kategori tinggi. Selain itu, rata-rata kinerja berbicara siswa adalah 73,97 yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,03 berada di bawah 0,05. Artinya korelasinya signifikan. Hipotesis alternatif (H1) penelitian ini diterima, dengan nilai koefisien (r-value) sebesar 0,21 yang berarti �rendah�. Oleh karena itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri berbicara dan kinerja berbicara.
Dosen Pembimbing: | Maryam Sorohiti, S.S., M.H.Sc. | NIDN0508056501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Speaking self-confidence, speaking performance, correlation design |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 04:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 04:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |