BEKTI SETYO NURKHOLIS (2023) AN EXPLORATION BALINESE CULTURE OF PERSONAL BRANDING BYEDWIN GUSTIANA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di era globalisasi dan era digital, TikTok banyak digunakan oleh para pengguna media sosial. Di media sosial TikTok, masyarakat banyak menuntut konten-konten yang membahas tentang Bali. Alhasil, banyak pembuat konten yang membuat konten tentang Bali dengan ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, para pembuat konten harus memiliki strategi yang berbeda dari yang lain untuk mengembangkan brandingnya. Penelitian ini membahas tentang strategi personal branding akun TikTok @edwin.gst sebagai konten kreator. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan deskriptif, berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber langsung. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada tahap perumusan strategi, Edwin ingin mengembangkan Brandingnya seputar konten Budaya Bali dan nilai toleransi yang ia tunjukkan dalam kontennya. Edwin membangun branding tentang dirinya yang berasal dari Bali dengan hashtag #edwinbali di captionnya. Konten Edwin mendapat respon positif setiap harinya. Berhasil mempengaruhi masyarakat luar Bali untuk memahami budaya dan adat istiadat Bali, khususnya dalam menyebarkan nilai-nilai dan budaya Bali yang diterima dengan baik dan diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa Edwin mampu mewakili kearifan lokal masyarakat Bali melalui personal branding yang dimilikinya.
Dosen Pembimbing: | Nur Sofyan, S.I.Kom., M.I.Kom | NIDN0504078901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Balinese Culture, TikTok |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 04:06 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 04:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |