THE MANAGEMENT OF INSTAGRAM OF JOGJAKARTA SPECIAL REGION PROVINCE AS A MEDIUM TO COMMUNICATE PUBLIC POLICY ON INSTAGRAM SOCIAL MEDIA @HUMASJOGJA IN 2022

ARSHENA VIKHI RAHMADIVA (2023) THE MANAGEMENT OF INSTAGRAM OF JOGJAKARTA SPECIAL REGION PROVINCE AS A MEDIUM TO COMMUNICATE PUBLIC POLICY ON INSTAGRAM SOCIAL MEDIA @HUMASJOGJA IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Pengelolaan media yang baik memiliki dampak positif pada proses penyampaian kebijakan publik. Penelitian ini menganalisis pengelolaan akun Instagram @humasjogja oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022 sebagai media untuk mengkomunikasikan kebijakan publik melalui media sosial. Tujuan penelitian adalah untuk memahami bagaimana akun Instagram provinsi ini digunakan sebagai sarana publikasi, informasi, dan pelayanan publik. Media sosial Instagram Humas Pemda DIY juga berhasil mendapatkan 4 penghargaan dari Anugerah Media Humas (AMH) yang diselenggarakan Kemenkominfo pada tahun 2022. Humas Pemda DIY bersinergi dengan elemen masyarakat dan stakeholder guna mendapatkan informasi yang factual dan actual untuk mendapatkan informasi yang valid untuk disampaikan kepada masyarakat. Fokus penelitian adalah bagaimana akun Instagram ini berfungsi sebagai alat komunikasi utama untuk menyampaikan kebijakan publik kepada masyarakat melalui media sosial. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini mendokumentasikan langkah-langkah yang diambil dalam mengelola akun tersebut, mulai dari perencanaan hingga tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Instagram ini melibatkan tahapan perencanaan, pembuatan artikel berita, liputan informasi, hingga evaluasi, dengan hasil yang positif dalam menyampaikan informasi pemerintah kepada masyarakat dan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, sesuai dengan tujuan Humas untuk menyediakan informasi yang cepat dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.Pengelolaan media yang baik memiliki dampak positif pada proses penyampaian kebijakan publik. Penelitian ini menganalisis pengelolaan akun Instagram @humasjogja oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022 sebagai media untuk mengkomunikasikan kebijakan publik melalui media sosial. Tujuan penelitian adalah untuk memahami bagaimana akun Instagram provinsi ini digunakan sebagai sarana publikasi, informasi, dan pelayanan publik. Media sosial Instagram Humas Pemda DIY juga berhasil mendapatkan 4 penghargaan dari Anugerah Media Humas (AMH) yang diselenggarakan Kemenkominfo pada tahun 2022. Humas Pemda DIY bersinergi dengan elemen masyarakat dan stakeholder guna mendapatkan informasi yang factual dan actual untuk mendapatkan informasi yang valid untuk disampaikan kepada masyarakat. Fokus penelitian adalah bagaimana akun Instagram ini berfungsi sebagai alat komunikasi utama untuk menyampaikan kebijakan publik kepada masyarakat melalui media sosial. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini mendokumentasikan langkah-langkah yang diambil dalam mengelola akun tersebut, mulai dari perencanaan hingga tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Instagram ini melibatkan tahapan perencanaan, pembuatan artikel berita, liputan informasi, hingga evaluasi, dengan hasil yang positif dalam menyampaikan informasi pemerintah kepada masyarakat dan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, sesuai dengan tujuan Humas untuk menyediakan informasi yang cepat dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media management, Instagram Account, Communication, Public Relations, Public Policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:12
Last Modified: 03 Nov 2023 07:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42305

Actions (login required)

View Item
View Item