ALYA SYAFIRA ARNADA (2023) BANK INDONESIA DIY EDUCATION CAMPAIGN STRATEGY IN INCREASING AWARENESS OF QRIS ELECTRONIC PAYMENTS IN THE DIY MSME 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan electronic money menjadi sangat penting dalam aktifitas perekonomian. Bank Indonesia DIY membuat kampanye edukasi terkait QRIS untuk meningkatkan penggunaan QRIS pada UMKM di DIY. Selain itu Provinsi DIY meraih apresiasi Bank Indonesia award pada UMKM Ekspor terbaik dan implementasi QRIS terbaik di Indonesi. Penelitian ini ingin mengetahui dan mendeskripsikan tahapan perencaaan kampanye edukasi oleh Bank Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Uji validitas menggunakan trianggulasi sumber yang membandingkan derajat kepercayaan data dari beberapa sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye yang dilakukan oleh Bank Indonesia DIY yaitu melalui selogan SIAP PASAR QRIS yang memiliki arti �Pasar Inovatif Sehat dengan QRIS�, kemudian di DIY ada 10 PASAR SIAP Qris dan pasar yang paling siap adalah pasar beringharjo sebesar 50% pedangnya sudah menggunakan QRIS. BI DIY dalam mengnyebar luaskan kampanye edukasi tersebut melalui media Instagram, Twiter, WhatsApp dan YouTube untuk publikasi. QRIS ini tidak hanya transaksi di toko bisa juga untuk donasi atau sedekah di rumah ibadah dengan QRIS.
Dosen Pembimbing: | Nur Sofyan, S.I.Kom., M.I.Kom | NIDN0504078901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Educational Campaign Strategy, Bank Indonesia DIY, QRIS Electronic Payment, MSMEs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:51 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |