MUHAMMAD BALA PUTRA DEWA (2023) DIPLOMASI PENDIDIKAN INDONESIA KE TURKIYE DALAM PENINGKATAN AKSES PENDIDIKAN TINGGI (2017-2022). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai strategi diplomasi pendidikan yang dilakukan Indonesia ke Turkiye dalam upaya meningkatkan akses pendidikan tinggi di Indonesia. Sistem pendidikan di Indonesia masih banyak kekurangan seperti sarana pendidikan dan tenaga pendidik yang belum merata hingga masih rendahnya kesadaran akan pentingnya pendidikan, khususnya di jenjang pendidikan tinggi. Dalam mengatasi permasalahan rendahnya akses pendidikan di masyarakat Indonesia, pemerintah Indonesia telah melakukan upaya internal seperti pemberian subsidi hingga beasiswa. Upaya eksternal yang telah dilakukan pemerintah Indonesia seperti kerjasama dengan negara luar. Amerika dan Jerman memiliki kerjasama dalam bidang pendidikan, namun biaya hidup dan keamanan menjadi tantangan baru yang dihadapi bagi mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi disana.Turkiye menjadi negara yang berpotensi untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia. Hal ini dikarenakan hubungan bilateral yang baik dengan latar belakang negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan sistem pendidikan Turkiye yang menggunakan Bologna Process sehingga kualitas pendidikan setara dengan pendidikan di Eropa, sehingga kerjasama Indonesia dan Turkiye dalam bidang pendidikan dapat membangun kualitas pendidikan di Indonesia. Pada penelitian ini data diperoleh melalui sumber yang relevan dan valid seperti buku, jurnal, skripsi, dan website. Dalam penelitian ini menghasilkan strategi diplomasi pendidikan yang dilakukan Indonesia dan Turkiye dalam peningkatan akses pendidikan di Indonesia melalui menyediakan program beasiswa dan pertukaran mahasiswa dan dosen, memberikan beasiswa, menjalankan kursus dan kelas bahasa, serta menjalankan kolaborasi riset.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Zahrul Anam, S.Ag., M.Si. | NIDN0516067501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Educational Diplomacy, Higher Education, Indonesia, Turkiye, Bologna Process, Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 07:43 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 07:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |