MOCH. ARRIYAN FIRDAUS (2023) STRATEGI COSTUMER RELATIONS PT. TELKOM SUMBAWA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERIODE AGUSTUS 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (453kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kehadiran internet telah memberi kontribusi yang besar terhadap perkembangan dunia teknologi dewasa ini, salah satunya PT. Telkom menghadirkan penyedia yakni IndiHome. PT. Telkom Sumbawa telah memberi pelayanan terbaiknya pada pelanggannya, hal ini ditandai adanya peningkatan jumlah instalasi provider baru pada periode Juli 2021 namun pada periode Agustus 2021, terjadi penurunan akibat adanya keluhan pelanggan dan efek dari krisis pandemi covid sehingga harus mengatur strategi bisnis dan operasional perusahaan dengan tujuan agar mampu menjadikan kualitas pelayanan IndiHome menjadi baik dibagi pelanggan PT. Telkom Cabang Sumbawa Besar.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggunakan strategi Customer Relations untuk mengumpulkan data dilakukan wawancara mendalam dan dokumentasi di pihak PT. Telkom Cabang Sumbawa Besar. Teknik triangulasi data kemudian digunakan, dan model interaktif Miles dan Huberman digunakan untuk analisis. Purposive sampling adalah pendekatan yang digunakan untuk mengumpulkan sampel yang representatif.Berdasarkan riset yang dilaksanakan diketahui saat ini konsumen PT. Telkom Cabang Sumbawa telah memiliki kedekatan terhadap konsumen karena memiliki fungsi memberikan rasa nyaman terhadap pelanggandengan strategi CUSTOMER RELATIONS yaitu menerapkan service excellent untuk membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan. PT. Telkom Cabang Sumbawa tidak hanya memberikan produk fungctional benefit (manfaat fungsional) tetapi service experience terhadap pelanggan juga harus diperhatikan. Disarankan agar Contact poin PT. Telkom Cabang Sumbawa Besar berfungsi sebagai fasilitas hubungan bisnis dan konsumen. untuk memahami harapan pelanggan secara lebih menyeluruh.Kata kunci: Strategi, Kepuasan, Loyalitas, Customer Relations
| Dosen Pembimbing: | Yeni Rosilawati, Dr., S.IP., S.E., M.M. | NIDN0013067301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Strategy, Satisfaction, Loyalty, Customer Relations |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2023 07:47 |
| Last Modified: | 17 Nov 2023 07:47 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
