RAFI PRAMANA TYASWARA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MOANA DALAM MEMPROMOSIKAN SUSTAINABLE TOURISM DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Moana dalam Mempromosikan Sustainable Tourism di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, uji validitas menggunakan triangulasi sumber, dan teknik analisis data yang melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Moana menerapkan strategi komunikasi pemasaran yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, Moana menentukan segmentasi, targeting dan positioning. Lalu pada tahap implementasi, Moana menggabungkan konsep bauran pemasaran dan bauran promosi. Elemen bauran pemasaran yang digunakan Moana terdiri dari product, price, place, dan promotion. Sedangkan elemen bauran promosi yang digunakan Moana terdiri dari social media, Moana menggunakan Instagram sebagai sosial media utama mereka. Personal selling, dilakukan dengan cara melakukan promosi langsung. Word of mouth marketing dilakukan Moana dengan cara meminta bantuan kepada para staff untuk mempromosikan kepada orang-orang terdekat dan event & experience dilakukan Moana dengan cara membuat acara bersih-bersih pantai, pelepasan tukik (anak penyu), penanaman mangrove dan penanaman kembali pohon di sekitar gunung Merapi dengan bekerja sama dengan organisasi Lindungi Hutan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Moana dapat dikatakan sukses karena mendapat gelar #1 Tour Aktifis di Yogyakarta yang direkomendasikan oleh Tripadvisor.
Dosen Pembimbing: | Zein Mufarrih Muktaf, Dr. , S.IP., M.I.Kom. | NIDN0519048203 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Communication Strategy, Sustainable Tourism, Markweting Mix, Promotion Mix |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 07:02 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 07:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |