TSABITA AVIDA HAYA (2023) THE ROLE OF PRODUCT DESCRIPTION ON PURCHASE INTENTION MEDIATED BY PRODUCT INVOLVEMENT AND PLATFORM INVOLVEMENT IN CROSS-BORDER E-COMMERCE (STUDY CASE: SHOPEE IN YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (455kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (147kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami dampak dari deskripsi produk terhadap niat beli, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui keterlibatan produk dan keterlibatan platform. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi deskripsi produk, keterlibatan kognitif produk, keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, keterlibatan situasional platform, dan niat beli.Penelitian ini dilakukan pada konsumen Shopee di Yogyakarta, Indonesia, dengan menggunakan sampel sebanyak 226 responden yang dipilih dengan menggunakan kombinasi purposive dan non-probability sampling. Google Forms digunakan untuk mengirimkan kuesioner kepada responden. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), yang menggunakan paket aplikasi AMOS 22. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa product description memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keterlibatan kognitif produk, keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, keterlibatan situasional platform, tetapi tidak memiliki dampak positif dan signifikan terhadap purchase intention. Keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, dan keterlibatan situasional platform memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan keterlibatan kognitif produk tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Keterlibatan afektif produk, keterlibatan bertahan platform, dan keterlibatan situasional platform secara signifikan dan positif memediasi hubungan antara deskripsi produk dan niat beli, sedangkan keterlibatan kognitif produk tidak.
| Dosen Pembimbing: | Radyan Dananjoyo, SE., MM., M.Sc., Ph.D. | NIDN0519027901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | product description, purchase intention, product cognitive involvement, product affective involvement, platform enduring involvement, platform situational involvement |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:49 |
| Last Modified: | 08 Nov 2023 07:49 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
