IQLIMA QORINABILA GUNAWAN (2023) IMPLEMENTATION OF THE SDGS ON SUSTAINABLE CITIES AND COMMUNITIES THROUGH IMPROVING PUBLIC SERVICES IN YOGYAKARTA CITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kota dan Komunitas Berkelanjutan adalah tujuan ke-11 dari program SDGs. Salah satu targetnya adalah terciptanya pelayanan publik yang baik dan berkelanjutan. Namun, pada kenyataannya, terdapat beberapa kekurangan, seperti prosedur pelayanan yang berbelit-belit dan kurangnya informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep tujuan SDGs yaitu kota dan masyarakat yang berkelanjutan melalui peningkatan pelayanan publik di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dan normatif serta pendekatan penelitian hukum yang memadukan fakta faktual yang dikumpulkan melalui wawancara dengan data yang dikumpulkan berdasarkan norma hukum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Tujuan 11 SDGs Cities and Communities dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Yogyakarta diwujudkan melalui penerapan konsep Smart City dengan menghadirkan aplikasi Jogja Smart City. Dalam implementasinya, masih terdapat beberapa kendala, seperti sebagian masyarakat yang belum terbiasa dengan penggunaan teknologi sebagai sumber informasi, adanya regulasi yang dinamis dari pusat atau pemerintah, dan kurangnya transparansi antar perangkat daerah. Pemerintah Kota Yogyakarta diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi terkait prosedur pelayanan kepada dinas-dinas terkait agar lebih transparan terkait pengumpulan data, mengingat data diperlukan untuk menyukseskan pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam meningkatkan pelayanan publik.
Dosen Pembimbing: | Nasrullah, S.H., S.Ag., MCL. | NIDN0517067001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Public Services, SDGs, Smart City |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 06:58 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 06:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |