GINA ZIZI MANANTO (2023) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS NEGERI 4 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Persoalan yang terjadi pada peserta didik di era modernisasi tampaknya semakin kompleks. Kondisi ini dilihat dari berbagai fenomena yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Sehingga untuk mencegah hal tersebut dibutuhkannya pembentukan karakter religius siswa di dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter religius siswa, untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam membentuk karakter religius siswa, serta untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran karakter religius siswa di MTs Negeri 4 Bantul mayoritas berkarakter religius yang meliputi kejujuran, keadilan, bermanfaat bagi orang lain, rendah hati, bekerja efisien, visi ke depan, disiplin tinggi, dan keseimbangan; 2) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter religius siswa adalah dengan mengembangkan pemahaman siswa mengenai diri mereka, pembiasaan positif, dan melakukan konseling; 3) Adapun faktor yang mempengaruhi karakter religius siswa adalah kebutuhan siswa dalam beragama, dorongan dalam diri siswa, perilaku kebiasaan siswa sehari-hari, latar belakang dan pola asuh orang tua, lingkungan sekolah di MTs Negeri 4 Bantul, pertemanan siswa, dan media sosial yang digunakan.
Dosen Pembimbing: | Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. | NIDN0505058601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Role of Guidance and Counseling Teachers, Religious Character, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:53 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |