AHMAD REFFKY HADIANSYAH PUTRA (2023) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BROKOLI DI DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (272kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (166kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran brokoli di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, menganalisis biaya, keuntungan, marjin pemasaran, dan farmer's share brokoli, mengetahui efisiensi pemasaran brokoli. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penentuan sampel lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling. Dalam penentuan responden petani menggunakan metode proportional random sampling. Pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan metode snowball sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder. Analisis saluran pemasaran brokoli di Desa Batur. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, agar dapat mengetahui saluran pemasaran, biaya pemasaran, farmer's share, marjin pemasaran, dan efisiensi pemasaran brokoli menggunakan indikator Indeks Efisiensi Ekonomis (IEE) dan Indeks Efisiensi Teknik (IET). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap pemasaran brokoli terdapat tiga saluran pemasaran brokoli yang ada di Desa Batur Kecamatan Getasan. Saluran I Petani - Pedagang Pengepul - Pedagang Pengecer. Saluran II Petani - Pedagang Pengepul - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer. Saluran III Petani - Pedagang Pengepul - Tengkulak - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer. Biaya pemasaran yang paling rendah dikeluarkan terdapat di saluran I yaitu sebesar Rp 785,38/kg. Margin pemasaran paling tinggi adalah saluran III. Keuntungan pemasaran saluran III merupakan yang paling tinggi. Farmer's share saluran I merupakan yang paling tinggi dengan persentase 57%. Berdasarkan indeks efisiensi teknis (IET) saluran I merupakan saluran yang efisien dibandingkan saluran lainnya dengan nilai 65,44. Sedangkan berdasarkan Indeks Efisiensi Ekonomis (IEE) saluran I merupakan saluran yang paling efisien dibandingkan saluran lainnya yaitu sebesar 6,69.
| Dosen Pembimbing: | Diah Rina Kamardiani, Ir., M.P. | NIDN0504056401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | broccoli, IEE, IET, marketing efficiency |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 09 Nov 2023 02:51 |
| Last Modified: | 09 Nov 2023 02:51 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
