NYAK ATIKAH HARIAMI (2023) UPAYA KOREA SELATAN DALAM MEMPERKUAT GASTRODIPLOMASI DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (805kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
Abstract
Korea Selatan merupakan negara yang terkenal di dunia terutama fenomena Hallyu (Korean Wave) yang begitu populer khususnya di Indonesia. K-Wave yang tinggi di Indonesia ini membuat masyarakat Indonesia sangat menggemari Korea. Dalam K-Wave terutama drama atau film Korea memiliki antusias yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Di dalam aspek tersebut berkembang produk makanan Korea. Pemerintah Korea Selatan memanfaatkan K-Wave terutama K-Drama sebagai upaya dalam menjalakan gastrodiplomasi nya di Indonesia. Melalui konsep gatsrodiplomasi yang dimana merupakan bagian dari diplomasi publik, dan juga diplomasi kebudayaan membantu proses komunikasi pemerintah kepada publik mancanegara, dimana makanan dalam gastrodiplomasi digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness bangsa dan menekan nilai-nilai yang berisi gambaran tentang kebudayaan suatu negara. Terlebih bagi Korea Selatan yang memiliki ketenaran akan K-Wave nya terutama K-drama atau film-film Korea. Kepopuleran drama atau film Korea ini mampu mendorong masyarakat Indonesia menjadi antusias sehingga meningkatkan rasa penasaran dari drama Korea untuk lebih mengetahui makanan Korea. Melihat Indonesia sebagai pasar muslim terbesar dimana mayoritas penduduk yang beragama Islam membuat Korea Selatan harus melalukan upaya untuk memperkuat gastrodiplomasinya yaitu dengan melakukan kerja sama untuk mendapatkan sertifikasi halal produk makanan nya. Oleh sebab itu karya tulis ini mengkaji bagaimana upaya Korea Selatan dalam memperkuat gastrodiplomasinya terhadap Indonesia tersebut.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Faris Al-Fadhat, S.IP., M.A., Ph.D. | NIDN0514068401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | South Korea, Indonesia, Gastrodiplomacy, Korean Wave, K-drama, Halal Certification |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:55 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |