IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJUJURAN (SMK) MUHAMMADIYAH 3 KLATEN UTARA

SRI HANDAYANI (2010) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJUJURAN (SMK) MUHAMMADIYAH 3 KLATEN UTARA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap implementasi Total Quality Management (TQM) di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara sebagai upaya peningkatan mutu pendidikar. Pokok permasalahan yang dibahas adalah: a) bagaimana upaya peningkatan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara? b) bagairnana kualitas layanan sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara? Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana upaya peningkatan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara, 2) mengetahui kualitas layanan sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa model interaktif yang terdiri dari 3 komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah informan dan dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan berperanserta, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data meliputi perpajangan/keikutsertaan, kesungguhan pengamatan, trianggulasi, pemeriksaan sejawat melalui dialog dan diskusi, kecukupan referensi, kajian kasus negatif dan pengecekan terhadap pelanggan internal. Berdasarkan analisa data dan pembahasan yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Sistem manajemen mutu di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara bila ditinjau dari unsur-unsur Total Quality Management (TQM) yang meliputi: a) fokus pada pelanggan, b) obsesi terhadap kualitas, c) pendekatan ilmiah, d) komitmen jangka panjang, e) kerjasama (team work), f) perbaikan sistem secara berkelanjutan, g) pendidikan dan pelatihan, h) kebebasan yang terkendali, i) kesatuan tujuan, j) adanya keterlibatan untuk pemberdayaan karyawan maka dapat dikatakan bahwa sekolah tersebut benar-benar telah menerapkan manajemen mutu.(2) peningkatan mutu layanan sekolah dilakukan dengan adanya sekolah mempunyai rencana pengembangan sekolah yang memuat visi, misi, dan program strategis sekolah, adanya pembagian tugas yang jelas, peserta didik dilayani dengan baik mulai dari proses pembelajaran umum dan pembelajaran khusus dengan pembiasaan salat duha, jamaah dhuhur, salat jum'at dan tartil Qur'an.(3) Implementasi Total Quality Management dalam hal ini sistem Management mutu SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara apabila dianalisis dengan analisa SWOT sekolah ini mempunyai banyak peluang untuk bereksistensi tetap mempertahankan sistem manajemen mutu. Ancaman yang mungkin terjadi adalah apabila terjadi perpecahan diantara guru untuk saling menentang kebijakan lembaga dan perebutan kepercayaan. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan sikap terbuka dan musyawarah diantara pengelola sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan mengeluarga. (4) Lingkungan pembelajaran dan sarana-prasarana yang ada di SMK Muhammadiyah Klaten Utara sangat kondusif dengan bertambahnya gedung baru, adanya bangunan masjid sangat mendukung bagi guru, karyawan dan peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai Islami dengan praktek ibadah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Total Quality Management (TQM), Education Quality
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:39
Last Modified: 04 May 2024 07:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43047

Actions (login required)

View Item
View Item