RENI SETYAWATI (2018) PENDIDIKAN INKLUSI: PENERIMAAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMP NEGERI 2 SEWON DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO DI KABUPATEN BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
3. Reni Halaman Pengesahan.pdf Download (852kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Pendidikan Inklusi kaitanya dengan penerimaan Siswa terhadap perilaku sosial dan Emosi Anak berkebutuhan Khusus di Sekolah. Rumusan masalah bagaimana penerimaan siswa terhadap keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah dan bagaimana tanggapan siswa terhadap perilaku sosial dan emosi Anak Berkebutuhan Khusus.
Jenis penelitian yang penulis gunakan disisni adalah penelitian mix methods. Subyek penelitian siswa kelas VII dan guru pada sekolah SMP Negeri 2 Sewon dan SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian memperlihatkan penerimaan siswa terhadap perilaku sosial dan emosi Anak Berkebutuhan Khusus ini ditandai dengan sikap saling membantu memahami, terbuka, memberikan pendampingan tutur sebaya dan komunikasi, mengakui kemampuan dan interaksi reaksi siswa terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Adapun tanggapan dari siswa reguler terhadap perilaku sosial dan emosi Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah menerima positif, ini di tandai dengan komunikasi yang terus terjalan, perasaan mengakui kemampuan bakat dan interaksi siswa terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di lingkungan sekolah. Dengan menggunakan uji beda (Mann Whitney) dapat dilihat bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0.402 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada penerimaan siswa regular terhadap anak berkebutuhan khusus pada sekolah SMP Negeri 2 Sewon dengan SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Samsudin, Dr., M.Pd and Aris Fauzan, Dr., MA | NIDN0504057002, NIDN0506127202 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Inclusive Education, Students’ Acceptance, Social and Emotional Behavior |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 07:47 |
Last Modified: | 23 Dec 2023 07:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |