PENDIDIKAN INKLUSI: PENERIMAAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMP NEGERI 2 SEWON DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO DI KABUPATEN BANTUL

RENI SETYAWATI (2018) PENDIDIKAN INKLUSI: PENERIMAAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMP NEGERI 2 SEWON DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO DI KABUPATEN BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
3. Reni Halaman Pengesahan.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Pendidikan Inklusi kaitanya dengan penerimaan Siswa terhadap perilaku sosial dan Emosi Anak berkebutuhan Khusus di Sekolah. Rumusan masalah bagaimana penerimaan siswa terhadap keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah dan bagaimana tanggapan siswa terhadap perilaku sosial dan emosi Anak Berkebutuhan Khusus.
Jenis penelitian yang penulis gunakan disisni adalah penelitian mix methods. Subyek penelitian siswa kelas VII dan guru pada sekolah SMP Negeri 2 Sewon dan SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian memperlihatkan penerimaan siswa terhadap perilaku sosial dan emosi Anak Berkebutuhan Khusus ini ditandai dengan sikap saling membantu memahami, terbuka, memberikan pendampingan tutur sebaya dan komunikasi, mengakui kemampuan dan interaksi reaksi siswa terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Adapun tanggapan dari siswa reguler terhadap perilaku sosial dan emosi Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah menerima positif, ini di tandai dengan komunikasi yang terus terjalan, perasaan mengakui kemampuan bakat dan interaksi siswa terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di lingkungan sekolah. Dengan menggunakan uji beda (Mann Whitney) dapat dilihat bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0.402 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada penerimaan siswa regular terhadap anak berkebutuhan khusus pada sekolah SMP Negeri 2 Sewon dengan SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Inclusive Education, Students’ Acceptance, Social and Emotional Behavior
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Dec 2023 07:47
Last Modified: 23 Dec 2023 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43164

Actions (login required)

View Item
View Item