PENGARUH SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL III TEMPEL DAN TK BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN TEMPEL

PRAMONO HARGO BASUKI PENGARUH SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL III TEMPEL DAN TK BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN TEMPEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I A-digabungkan (1).pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan seberapa tinggi pengaruh supervisi pendidikan terhadap kemampuan profesional guru di SD Muh. Gendol III Tempel. Supervisi pendidikan merupakan suatu usaha pembinaan yang direncanakan untuk membantu guru dalam meningkatkan profesinya untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Kemampuan profesional merupakan kemampuan guru yang berupa keahlian (expert), tanggung jawab (responsibility) dan kesejawatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah semua guru yang ada di SD Muh. Gendol III Tempel, dan menjadi objeknya adalah pengaruh supervisi pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan kemampuan profesional guru. Metode yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan metode angket yang disebarkan kepada 30 responden, selain itu juga menggunakan metode observasi, metode dokumentsi dan wawancara dengan Kepala Sekolah. Dari jawaban yang diberikan oleh responden, dianalisis dengan data kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif, yaitu dengan pengukuran mean, standar deviasi (SD) dan persentase. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan harga koefisien R2 sebesar 0,255, yang berarti bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan memberi pengaruh sebesar 25,5% terhadap peningkatan kemampuan profesional guru. Koefisien tersebut signifikan 5 dan derajat bebas (db) 28, yaitu Fhitung = 9,561 > Ftotal = 4,196. Karena harga R2 hanya 0,255 (25,5%) berarti masih ada pengaruh lain sebesar 74,5% terhadap kemampuan profesional guru. Pengaruh itu bisa dari lingkungan, tingkatan pendidikan atau ijazah lama guru tersebut mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:10
Last Modified: 09 Mar 2024 02:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43205

Actions (login required)

View Item
View Item