Mukhlis (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJALARAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNA NETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dan hambatan-hambatan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam pada siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, dan dua orang peserta didik. Data diperoleh melalui teknik mengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh guru lebih didominasi oleh komunikasi verbal. Sehingga komunikasi nonverbal hanya digunakan sebagai pelengkap saja, seperti menggunakan gerak tubuh, sentuhan sebagai tanda kasih sayang, cara duduk, dan cara berjalan yang merupakan bagian dari komuniaksi nonverbal.
Hambatan-hambatan komunikasi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam terdapat 3 (tiga) hambatan. Pertama hambatan yang dialami oleh guru itu sendiri, kedua hambatan yang dialami oleh siswa dan yang ketiga hambatan penggunaan fasilitas.h
Dosen Pembimbing: | Dr.MUH. SAMSUDIN,M.Pd. | NIDN504057002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:05 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 02:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |