APRILLIA KURNIAWATI (2024) PELAYANAN PUSKESMAS KELAPA KAMPIT TERHADAP PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN DI BELITUNG TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (997kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (669kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (325kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
![[thumbnail of Naskah Publikasi]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi faktor penting dalam menjaga kesejahteraan masyarakat. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, pemerintah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS. Akan tetapi, dikalangan masyarakat masih terdapat persfektif yang kurang baik terhadap BPJS Kesehatan ini. Puskesmas sebagai sarana dalam pelayanan JKN harus lebih memperhatikan berbagai masalah dan kekurangan yang terjadi dalam penyelenggaraan BPJS Kesehatan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat. cara pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada narasumber terkait dan studi pustaka,Hasil penelitian menunjukan bahwa Puskesmas Kelapa Kampit telah memenuhi standar pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Prosedur pelayanan disusun secara sederhana, tidak berbelit-belit dan mudah dipahami. Waktu pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien. Tarif pelayanan dijelaskan secara rinci dan transparan. Hambatan dalam pelaksanaan pelayanan ini adalah kedatangan pasien dengan kepesertaan BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif.Puskesmas perlu untuk melakukan sosialiasi atau penyuluhan terkait kepesertaan sebagai anggota BPJS agar tidak ada lagi kasus seperti kepesertaan BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif. Juga diperlukan peningkatan koordinasi antara pihak Puskesmas Kelapa Kampit dengan Dinas Kesehatan Belitung Timur terkait BPJS Kesehatan agar lebih optimal dalam memberikan pelayananan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Health Insurance Administration Body, Health Services, Public Service |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:21 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43416 |