YUSRINA AMALIA IZZATY (2024) AUDIENCE RESEPTION ANALYSIS OF CITRA ADVERTISEMENT VERSION �RAGAM CANTIK INDONESIA CITRA�.
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7kB)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (795kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Abstract
Iklan produk kecantikan sebagian besar menampilkan wanita. Selain itu, iklan yang ditayangkan di televisi didominasi oleh iklan kecantikan yang menampilkan iklan pelangsing dan pemutih. Seiring berjalannya waktu, makna "cantik" perlahan-lahan berubah menjadi lebih inklusif. Salah satunya dalam iklan "Ragam Cantik Indonesia Citra". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana khalayak menangkap dan memahami pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi dengan teori encoding/decoding Stuart Hall. Dalam proses pemaknaannya, khalayak dibagi menjadi tiga posisi, yaitu hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Penelitian ini menunjukkan hasil yang berbeda dari setiap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa informan memiliki posisi yang berbeda. Perbedaan pengalaman, kepercayaan, latar belakang sosial, ekonomi, dan status turut mewarnai masing-masing posisi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advertising, Analysis of Reception, Beauty, Beauty Standards. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 05:39 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 05:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43593 |