PEMANFAATAN INSTAGRAM @VISITINGJOGJA SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA PANDEMI COVID-19

SARAH PUTERI NURARIFAH (2024) PEMANFAATAN INSTAGRAM @VISITINGJOGJA SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA PANDEMI COVID-19.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi berkembang dengan pesat sehingga masyarakat dapat meningkatkan kreativitasnya dalam memanfaatkan media sosial. Instagram dipilih menjadi salah satu media sosial yang aktif karena berfungsi sebagai penyebaran informasi publik. Pandemi Covid-19 yang terjadi berdampak pada menurunnya industri pariwisata sehingga Dinas Pariwisata DIY berupaya secara konsisten untuk memanfaatkan Instagram @visitingjogja sebagai sumber informasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram @visitingjogja sebagai media informasi untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan di DIY. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori media richness yang memiliki empat kriteria penyebaran informasi, yaitu kesegeraan, keragaman isyarat, variasi bahasa, dan sumber personal yang berpengaruh pada minat kunjungan wisatawan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman dan uji validitas data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata DIY melakukan pemanfaatan Instagram @visitingjogja dengan empat kriteria penyebaran informasi. Hal ini mendukung adanya peningkatan dalam minat kunjungan wisatawan di DIY tahun 2021-2022 sehingga dapat memberikan dampak positif pada roda perekonomian di DIY.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Instagram; Media Sosial; Pandemi Covid; Visiting Jogja.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:27
Last Modified: 07 Feb 2024 03:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43640

Actions (login required)

View Item
View Item