NADIA OKTAVIANI (2024) ASAS KECEPATAN, KEMUDAHAN, DAN KETERJANGKAUAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS KASIHAN II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan Publik di Indonesia memiliki beberapa asas penyelengaraan pelayanan publik yang terdapat dalam pasal 4 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik di antaranya adalah Asas Kecepatan, Kemudahan, dan Keterjangkauan. Pelayanan di bidang Kesehatan merupakan salah satu bentuk kegiatan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Salah satu unit yang bergerak dalam bidang pelayanan Kesehatan yang berada dekat dengan Masyarakat yaitu PUSKESMAS. PUSKESMAS Kasihan II Bantul adalah objek dari penelitian ini. Penelitian ini mengunakan metode hukum empiris dengan pengolahan data yang bersumber dari hasil wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa PUSKESMAS Kasihan II Bantul sudah menerapkan asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkuan pada pelayanan publik di bidang Kesehatan seperti kecepatan dalam melakukan pendaftran pasien, kemudahan dalam mendaptkan informasi mengenai pelayanan Kesehatan, serta keterjangkaun dalam pelayanan Kesehatan dari segi biaya dan tempat yang mudah di dapatkan oleh pasien. Namun ada beberapa faktor yang menghambat PUSKESMAS Kasihan II dalam memberikan pelayanan Kesehatan yaitu seperti sarana dan prasarana, jaringan wifi, prosedur rujukan, dan pelatihan rutin tenaga medis PUSKESMAS Kasihan II sehingga tidak dapat menerapkan asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan secara maksimal dalam pelayanan Kesehatan pada pasien.
Dosen Pembimbing: | Beni Hidayat, Dr., S.H., M.Hum. | NIDN0531127301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Health, Services, PUSKESMAS |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 02:38 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 02:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |