MOHAMAD SUKARNO (2024) PENGARUH ONLINE SERVICE INDEKS TERHADAP KEPUASAN LAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS: APLIKASI BANTUL PEDIA). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (752kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Tujuan: Penelitian ini menganalisis kepuasan masyarakat terhadap pengguna Aplikasi Bantulpedia di Kabupaten Bantul. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan variabel dari kerangka Online Service Index (OSI) yang terdiri dari institusi kerangka kerja, penyediaan layanan, penyediaan konten, teknologi, dan partisipasi elektronik.Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan sumber data primer berupa kuesioner yang berjumlah 100 responden. Perangkat lunak SmartPLS 3 digunakan dalam melakukan analisis data untuk penelitian ini.Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kerangka kelembagaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Aplikasi Bantulpedia. Sedangkan variabel penyediaan layanan, penyediaan konten, teknologi, dan e-partisipasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan aplikasi Bantulpedia pengguna.Kebaruan: Penelitian ini unik dengan menggunakan parameter OSI dengan mengkorelasikannya dengan kepuasan publik berbasis aplikasi penilaian (layanan online), yang mayoritas teori ini hanya digunakan untuk mengukur perkembangan e-Government dan berbagai aspek di dalamnya. Penelitian ini berkontribusi memberikan perspektif baru dalam penggunaan teori OSI dalam ranah layanan online (aplikasi) tidak hanya sebagai pengukuran prediktif tetapi sebagai objek penelitian yang signifikan (suatu negara). Selain itu kontribusi empirisnya adalah dengan melakukan uji kepuasan masyarakat terhadap penggunaan Aplikasi Bantulpedia. Agar nantinya juga bisa diadopsi dan memberi ruang bagi pemerintah daerah lainnya untuk mengadopsi OSI sebagai salah satu indikatornya layanan daring.
Dosen Pembimbing: | Ulung Pribadi, Prof. Dr., M.Si. and Dyah Mutiarin, Prof. Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0510106501, NIDN0508117102 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Online Service Index, Bantulpedia, Public Satisfaction |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 02:10 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 02:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |