DEVELOPING LITERACY-BASED EDUCATIONAL ONLLINE PLATFORM FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS

GALANG HIDAYAT JATI (2024) DEVELOPING LITERACY-BASED EDUCATIONAL ONLLINE PLATFORM FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Gadget adalah alat modern yang dikembangkan untuk memudahkan aktivitas manusia. Baru-baru ini, gadget digunakan oleh individu dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tujuan penggunaan gadget menjadi semakin beragam, termasuk sumber hiburan. Namun, seiring waktu, konten yang disebarkan melalui gadget menjadi semakin sulit dikendalikan. Anak-anak dapat dengan mudah mengakses berbagai konten kekerasan, pornografi, hedonistik, dan pelecehan, baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Hal ini memicu anak-anak untuk terlibat dalam aktivitas yang tidak pantas dan bahkan kriminal. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan platform pendidikan berbasis literasi yang disebut StorySight untuk memfasilitasi anak-anak menggunakan gadget dengan aman, sekaligus membangun minat membaca, meningkatkan pengetahuan dan kreativitas, serta mengasah keterampilan berpikir kritis. Peneliti menerapkan metodologi penelitian dan pengembangan dengan lima langkah untuk memastikan bahwa platform ini dapat menjadi solusi alternatif dalam memfasilitasi penggunaan gadget yang aman dan tepat oleh anak-anak secara efektif dan dapat diterapkan.Kata Kunci: Gadget, anak anak, literasi digital

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gadget, children, digital literacy
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:25
Last Modified: 02 Feb 2024 07:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43817

Actions (login required)

View Item
View Item