DEVIA TRI ARIYANI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KAHOOT! TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar Bahasa Arab siswa SMA Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif dan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah aplikasi Kahoot! berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta, juga untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan setelah penerapan metode belajar dengan aplikasi Kahoot!. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi kelas sepuluh SMA Muhammadiyah Kasihan dengan jumlah sampel sebanyak sembilan responden yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan Uji Hipotesis berupa Uji f yang menyatakan nilai f 7.452 dan nilai signifikan 0.029 < 0.05 yang artinya Aplikasi Kahoot! berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa, serta Uji Determinasi menunjukkan nilai R2 berjumlah 0.516 maka dapat disimpulkan bahwa persentase pengaruh Aplikasi Kahoot! terhadap Motivasi Belajar siswa sebesar 51,6% maka asumsinya adalah Aplikasi Kahoot! memiliki persentase yang tergolong tinggi terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta.
Dosen Pembimbing: | Fitri Zakiyah, Dr., S.Pd.I., M.Pd. | NIDN0524098502 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Learning Motivation, Kahoot App!, Learning Media, Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |