ULWA AMRU DEARESTY (2024) ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' ATTITUDE TOWARDS THE USE OF LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) IN ENGLISH LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (381kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (157kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
Abstract
Sikap merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Sikap siswa terhadap penggunaan platform pembelajaran mempengaruhi prestasi belajar siswa; Sikap yang positif akan menghasilkan prestasi yang positif dan sebaliknya. Penelitian ini menyelidiki sikap mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris terhadap penggunaan Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta Islam di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap siswa positif atau negatif terhadap penggunaan LMS dalam pembelajaran bahasa Inggris dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Respondennya adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan angkatan 2021. Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Kuesioner online dalam bentuk Google Form yang disediakan pada platform Google. Sebelum menyebarkan kuesioner, terlebih dahulu diperiksa validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya kuesioner disebar secara online melalui mobile survey. Tautan kuesioner dikirimkan ke grup WhatsApp masing-masing kelas, dan setiap siswa melalui private chat dihubungi untuk mendapatkan respons yang lebih cepat. Instrumen pengumpulan data adalah angket Sikap Terhadap Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa yang diadopsi oleh (Trayek & Hassan, 2013). Selain itu peneliti memberikan kuesioner sebanyak 20 item kemudian disebarkan secara random sampling, dan dari 95 populasi terdapat 82 responden yang mengembalikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa EED angkatan 2021 mempunyai sikap positif terhadap penggunaan LMS dalam pembelajaran bahasa Inggris. Nilai mean sikap siswa terhadap penggunaan LMS adalah 3,234. Temuan ini juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sikap siswa laki-laki dan perempuan terhadap penggunaan LMS dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai p 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H1 diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students attitude, Learning Management Systems, male and female, English Department |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43873 |