AZAHRA AGUSTINA (2024) PENGARUH DIGITAL STRATEGY, ACCOUNTING INFORMATION QUALITY, COMPETITIVE PRESSURE DAN GOVERNMENT SUPPORT TERHADAP DIGITALIZATION ADOPTION (STUDI EMPIRIS PADA PELAKU UMKM DI TANGERANG, BANTEN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (422kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (208kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital strategy, accounting information quality, competitive pressure, dan government support terhadap digitalization adoption. Tingginya jumlah UMKM di Tangerang belum diimbangi dengan digital, apabila dibandingkan jumlah UMKM yang telah melakukan digitalisasi hanya 5,1persen dari jumlah keseluruhan UMKM di Tangerang. Walaupu Tangerang adalah daerah yang maju namun faktanya digitalisasi belum secara maksimal diterapkan. Sampel yang digunakan yaitu pemilik UMKM, investor, dan pimpinan UMKM Tangerang, Banten dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden melalui media cetak (booklet) dan link gform. Responden dalam penelitian ini sebanyak 91 pelaku UMKM. Pengujian hipotesis menggunakan analisis SEM-PLS melalui aplikasi smartpls 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital strategy dan accounting information quality secara langsung berpengaruh terhadap digitalization adoption. Selanjutnya hubungan antara competitive pressure dan government support tidak berpengaruh terhadap digitalization adoption. Penelitian ini memberikan bukti empiris mengenai digital strategy, accounting information quality, competitive pressure, dan government support terhadap digitalization adoption dan memberikan kontribusi bagi akademisi dan peneliti dengan mendukung teori TOE (Technology Organization Environment).
| Dosen Pembimbing: | Ietje Nazaruddin, Dr., S.E., M.Si. | NIDN0516076503 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Digital Strategy, Accounting Information Quality, Competitive Pressure, Government support, Digitalization Adoption. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs), TOE framework |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
| Depositing User: | M. Erdiansyah |
| Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:31 |
| Last Modified: | 16 Feb 2024 07:31 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
