ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM PENGGUNAAN BENIH PADI BERSERTIFIKAT DI DESA TARAMAN JAYA KECAMATAN SS III KABUPATEN OKU TIMUR

AJENG RIFQY ANNISA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM PENGGUNAAN BENIH PADI BERSERTIFIKAT DI DESA TARAMAN JAYA KECAMATAN SS III KABUPATEN OKU TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Produksi beras di Desa Taraman Jaya masih kurang dari kebutuhan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat sebab pada tahun 2019-2021 Kabupaten OKU Timur mengalami penurunan produksi beras. Penurunan produksi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti masalah kesuburan tanah, pemakaian pupuk, cara bercocok tanam, hama pengganggu dan juga pemilihan benih padi. Pemilihan varietas benih padi yang ditanam petani sangat berpengaruh pada bobot gabah dan rasa nasi dari varietas yang digunakan. Keputusan dalam pemilihan benih padi menjadi perhatian petani dalam proses penanaman padi hal ini bertujuan agar komoditas panen yang dihasilkan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel internal dan eksternal yang mempengaruhi pengambilan keputusan pada perusahaan pertanian di Desa Taraman Jaya terkait penggunaan benih padi bersertifikat. Selanjutnya berupaya mengkaji aspek intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan petani tentang penerapan benih padi bersertifikat pada usaha pertanian padi di Desa Taraman Jaya. Lokasi penelitian sengaja dipilih berdasarkan kriteria mempunyai hamparan sawah terluas, guna memudahkan keikutsertaan kelompok tani Desa Taraman Jaya sebagai sampel penelitian. Sampelnya berjumlah 65 petani, dipilih dari 10 kelompok petani berbeda. Analisis data melibatkan penggunaan analisis deskriptif dan analisis model regresi logistik. Penelitian ini mengungkap elemen kunci yang menentukan keputusan petani dalam menggunakan benih padi bersertifikat di Desa Taraman Jaya, Kecamatan Ss III, Kabupaten Oku Timur. Variabel-variabel tersebut meliputi: Proses penuaan berdampak buruk pada proses pengambilan keputusan dalam penggunaan benih padi bersertifikat. Pendidikan berdampak buruk terhadap pengambilan keputusan sehubungan dengan penggunaan benih padi bersertifikat. Pengalaman berdampak buruk terhadap pengambilan keputusan terkait penggunaan benih padi bersertifikat. Proses pengambilan keputusan mengenai adopsi benih padi bersertifikat sangat dipengaruhi oleh luas lahan. Proses pengambilan keputusan dalam penggunaan benih padi bersertifikat tidak dipengaruhi oleh harga benih. Besarnya penyuluhan tidak mempengaruhi proses pengambilan keputusan terkait penggunaan benih padi bersertifikat. Meskipun demikian, organisasi petani mempunyai dampak menguntungkan yang besar terhadap proses pengambilan keputusan dalam skenario ini. Selain itu, aksesibilitas benih juga mempunyai dampak menguntungkan terhadap proses pengambilan keputusan di usaha peternakan di Desa Taraman Jaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: decision to use certified rice, influencing factors
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:27
Last Modified: 26 Jan 2024 02:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44174

Actions (login required)

View Item
View Item