THE ROLE OF ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM QUALITY ON THE ACCOUNTABILITY OF LOCAL GOVERNMENT THROUGH ACCOUNTING KNOWLEDGE AS INTERVENING: CASE STUDY LOCAL GOVERNMENT IN SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA

OUSAINOU JAW (2024) THE ROLE OF ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM QUALITY ON THE ACCOUNTABILITY OF LOCAL GOVERNMENT THROUGH ACCOUNTING KNOWLEDGE AS INTERVENING: CASE STUDY LOCAL GOVERNMENT IN SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan kualitas sistem informasi akuntansi terhadapakuntabilitas pemerintah daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta melaluipengetahuan akuntansi sebagai intervensi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat setempatOrganisasi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. JumlahResponden dalam penelitian ini adalah pegawai pemerintah daerah yang langsung berjumlah 180 orangterlibat dengan sistem informasi akuntansi. Dalam penelitian ini, skala likert digunakandigunakan untuk mengisi kuesioner yang mengharuskan responden untuk menunjukkan tingkat merekapersetujuan dengan serangkaian pertanyaan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Analisis yang digunakan meliputi TheUji Common Method Bias (CMB), analisis statistik deskriptif, validitas danuji reliabilitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian CMB, CMBnilainya kurang dari 50%, artinya CMB tidak mengganggu validitasdari penelitian ini. Kemudian untuk hasil analisis statistik deskriptif diperoleh mean ataunilai rata-rata seluruh variabel menunjukkan nilai AVE diatas 0,5 dan mempunyai Cronbach'sNilai Alpha diatas 0,6 dan nilai Composite Reliability lebih besar dari 0,5 menunjukkanbahwa seluruh variabel dalam penelitian ini reliabel.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa AkuntansiKualitas Sistem Informasi berpengaruh positif terhadap akuntabilitas DaerahPemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan p value < alpha (0,05) dannilai sampel asli positif sesuai hipotesis yang diajukan.Kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap pengetahuan akuntansipemerintah daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan p value < alpha (0,05)dan nilai sampel asli positif sesuai hipotesis yang diajukan.Pengetahuan akuntansi berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pemerintah daerahDaerah Istimewa Yogyakarta dengan nilai p < alpha (0,05) dan nilai aslisampel positif sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Informasi akuntankualitas sistem berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pemerintah daerahDaerah Istimewa Yogyakarta melalui ilmu akuntansi dengan p value < alpha(0,05) dan nilai sampel asli positif sesuai hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Accounting information system, accountability, and accounting knowledge
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:14
Last Modified: 29 Jan 2024 08:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44315

Actions (login required)

View Item
View Item