IRMA MARDIYANA (2024) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ISMUBA TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan agama berperan penting dalam membentuk religiusitas seseorang, diantaranya membentuk etika dan moral individu. Pendidikan agama juga berkontribusi dalam memperkenalkan nilai-nilai moral, menyediakan bimbingan etika dan mendorong tanggung jawab sosial. Dalam hal ini guru ISMUBA (Al-Islam, Muhammadiyah, dan Bahasa Arab) dituntut selalu proaktif untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilannya secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kompetensi profesional guru, religiusitas siswa, dan pengaruh kompetensi profesional guru ISMUBA dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berjumlah 400 siswa dan adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa dengan persentase 20%. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dalam hal ini merupakan pemenuhan syarat dilakukannya uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: kompetensi profesional guru ISMUBA berada pada kategori sedang dengan persentase 61%, religiusitas siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 58%, dan hasil analisis data menunjukkan nilai sig 0,04 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru ISMUBA terhadap tingkat religiusitas siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Berdasarkan perhitungan koefisiensi determinasi (R square) diperoleh nilai sebesar 0,101 sehingga disimpulkan kompetensi profesional guru ISMUBA memiliki pengaruh sebesar 0,101 atau 10,1% terhadap peningkatan tingkat religiusitas siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Professional Competence, Religiosity |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:08 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |