PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP MUHAMMADIYA HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU

MUHAMMAD ALI NURHIDAYAT (2007) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP MUHAMMADIYA HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh Pola asuh demokratis orang tua dan prestasi belajar terhadap prilaku keagamaan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu.
Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa dan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2006/2007. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Ukuran/quota sampel, penulis mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto, yaitu mengambil sampel 15% dari jumlah siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu yang berjumlah 270 siswa, sehingga jumlah sampelnya sebanyak 40 siswa, sejumlah itu juga orang tuanya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, interview, bservasi dan dokumentasi. Analisis instrumen merupakan analisis validitas. Hasil analisis validitas menunjukan bahwa dari 12 butir angket untuk orang tua semuanya terbukti valid dan 31 butir angket untuk siswa pun semuanya terbukti valid. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi 2 prediktor. Hasil penelitian menunjukan : 1) Tingkat kecenderungan Pola asuh demokratis orang tua termasuk dalam kategori baik, 2) prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu termasuk dalam kategori baik. 3) prilaku keagamaan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu termasuk dalam kategori baik. 4) Tidak ada pengaruh signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dan prestasi belajar terhadap prilaku keagamaan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Dalam hal ini berarti bahwa baik pola asuh demokratis orang tua maupun perestasi belajar keduanya tidak ada pengaruhnya terhadap prilaku keagamaan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu, kalaupun ada relatif kecil. Kemudian hal ini dapat diartikan pula bahwa ada variable lain diluar variable pola asuh demokratis orang tua dan pestasi belajar siswa yang sangat berpengaruh terhadap prilaku keagamaan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Kabupaten Indramayu seperti budaya, lingkungan, faktor genetikal atau bawaan lahir, serta variabel lainnya.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2024 09:36
Last Modified: 29 Jan 2024 09:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44377

Actions (login required)

View Item
View Item