ANJANI PRITY CHINTIA MAKMUR (2024) UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PONDASI BORE PILE PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN JALAN TOL. UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembangunan jalan tol termasuk kedalam pembangunan infrastruktur yang dilakukan untuk pengembangan perekonomian suatu negara. Dibalik pengembangan tersebut ada resiko yang harus dihadapi yaitu terjadinya kecelakaan kerja. Menurut data yang diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan pada tahun 2022 sampai bulan November menjadi 265.334 kasus. Upaya untuk meminimalisir jumlah angka kecelakaan kerja yaitu dengan memastikan bahwa suatu bidang konstruksi harus memahami dan menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan pengendaliannya dengan metode matriks berdasarkan standar AS/ANZ 4360 dan metode Construction Safety Analysis (CSA) pada pekerjaan bore pile untuk jalan Tol Solo-Yogyakarta NYIA Kulonprogo Seksi 1 paket 1.1 STA 19+648 Jembatan Bajing. Hasil dari penelitian ini adalah risiko kecelakaan kerja Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta NYIA Kulonprogo Seksi 1 paket 1.1 STA 19+648 Jembatan Bajing pada pekerjaan bore pile maka didapatkan hasil nilai risiko rata-rata dengan nilai sebesar 9.41 dan tergolong dalam kategori Risiko Sedang dan potensi bahaya yang telah dilakukan mendapatkan 30 jenis potensi bahaya pada pekerjaan bore pile di Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta NYIA Kulonprogo Seksi 1 paket 1.1 STA 19+648 Jembatan Bajing. Potensi bahaya yang paling banyak ditemukan adalah pada pekerjaan persiapan/pembersihan lokasi karena berada di daerah pemukiman warga. Pada analisis tindakan pengendalian bahaya mengacu pada hirarki pengendalian risiko yaitu substitutuion (penggantian), kontrol teknik, administrasive (administrasi), dan penggunaan APD.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Heri Zulfiar, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0515026701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
Uncontrolled Keywords: | Workplace accident, Bore Pile, Construction Safety Analysis (CSA), Risk Level |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 04:05 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 04:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |