PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BIDANG STUDI FIQIH DAN LINGKUNGAN PERGAULAN SISWA TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWAA MTS NEGERI GONDOWULUNG DAN MTS NEGERI SUMBERAGUNG BANTUL

SITI ROCHIMAH (2007) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BIDANG STUDI FIQIH DAN LINGKUNGAN PERGAULAN SISWA TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWAA MTS NEGERI GONDOWULUNG DAN MTS NEGERI SUMBERAGUNG BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa siswa MTs adalah anak- anak yang sedang memasuki masa remaja ( Fase Puber 13 - 21 tahun ). Masa remaja merupakan segmen dari siklus kehidupan manusia, menurut agama sering disebut masa agil baligh atau mukallaf yang merupakan masa starting point pemberlakuan hukum syar'i sehingga sudah seharusnya mereka melaksanakan ajaran agama seperti Salat lima waktu dan berpuasa dalam kehidupannya. Semua ini tidak lepas dari pengaruh lingkungan keluarga, prestasi bidang studi fiqih dan lingkungan pergaulan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, prestasi bidang studi fiqih dan pengaruh lingkungan pergaulan terhadap pengamalan ibadah siswa MTs Negeri Gondowulung dan MTs Negeri Sumberagung Bantul.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kwantitatif, jenis ex post facto. Dengan suibyek penelitian siswa MTs Negeri Gondowulung sebanyak 550 siswa, dengan sampel 13,6% yaitu sebanyak 75 siswa, dan siswa MTs Negeri Sumberagung sebanyak 180 siswa, dengan sampel 40% yaitu sebanyak 72 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2006 / 2007. penggalian data melalui angket dan dokumen dari guru bidang studi Fiqih di MTs Negeri Gondowulung dan MTs Negeri Sumberagung. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, lingkungan keluarga berpengaruh terhadap pengamalan ibadah siswa, sebesar : 37,7 % di MTs Negeri Gondowulung, dan 49,6 % di MTs Negeri Sumberagung. Kedua, nilai prestasi bidang studi fiqih tidak berpengaruh terhadap pengamalan ibadah siswa, hal ini ditunjukkan dari besarnya sumbangan efektif sebesar: 3,6 % di MTs Negeri Gondowulung, dan 5,1 % di MTs Negeri Sumberagung. Ketiga, lingkungan pergaulan berpengaruh terhadap pengamalan ibadah siswa, sebesar 27,0 % di MTs Negeri Gondowulung dan 22,3 % di MTs Negeri Stunberagung. Keempat, secara bersama- sama lingkungan keluarga, prestasi bidang studi fiqih dan lingkungan pergaulan siswa berpengaruh terhadap pengamalan ibadah siswa, di MTs Negeri Gondowulung sebesar 71,3 % dan 77,0 % di MTs Negeri Sumberagung.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 May 2024 03:18
Last Modified: 04 May 2024 03:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44730

Actions (login required)

View Item
View Item