KESIAPAN KEPEMIMPINAN IGD DALAM PEMENUHAN STANDAR IGD RUMAH SAKIT TIPE B DAN INDIKATOR MUTU IGD RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

SUSIANTI MIRANDA BORU SURBAKTI (2012) KESIAPAN KEPEMIMPINAN IGD DALAM PEMENUHAN STANDAR IGD RUMAH SAKIT TIPE B DAN INDIKATOR MUTU IGD RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Latar Belakang: layanan IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul pada tahun 2014 seharusnya sesuai dengan standar layanan pada level III/ RS tipe B. Akan tetapi belum bisa dianalisa apakah IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul sudah mulai menyesuaikan dengan standar instalasi gawat darurat rumah sakit yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 858/Menkes/SIC/LX/2009 tentang standar instalasi gawat darurat rumah sakit yang baku dalam pelayanan gawat darurat. Untuk mewujudkannya dibutuhkan strategi agar penyesuaian standar IGD menuju rumah sakit tipe B dapat berjalan dengan balk. Salah satunya dengan mengukur Empat dimensi kepemimpinan transformasional dalam proses pemenuhan standar IGD rumah sakit tipe B.
Tujuan Penelitian: menilai kesiapan kepemimpinan IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul dalam memenuhi standar pelayanan rumah sakit tipe B, dengan menilai 4 dimensi kepemimpinan transformasional yaitu : (1) idealized influence, (2) inspirational motivation, (3) intellectual stimulation, (4) individualized consideration.
Metode Penelitian: penelitian ini merupakan penelitian deskreptif kwalitatif dengan rancangan studi kasus. Cam pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Data primer diperoleh dari hasil jawaban dan observasi dari pertanyaan penelitian dan data sekunder diperoleh berupa standar pelyanan IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul tipe C,SOP,buku-buku dan SK Diretur. Penelitian dilakukan pada bulan Juni tahun 2011. Hasil Penelitian: standar pelayanan IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul tipe C berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI sudah terpenuhi, untuk menuju RS Tipe B didapatkan nilai untuk kategori jenis pelayanan 100% , kategori cumber daya manusia 66,7%, kategori persyaratan sarana 60%, kategori fasilitas / prasarana medis dan non medis 50%. Sembilan indikator mutu IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul secara keseluruhan terpenuhi dan kesiapan kepemimpinan IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul menuju RS tipe B di tahun Pertama sejak ditetapkannya renstra rumah sakit belum slap dari dimensi idealized influence, 3 dimensi lainya sudah slap yaitu dimensi Idealized influence (pengaruh ideal), intellectual stimulation (stimulasi intelektual), individualized consideration (konsiderasi individu).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: leadership readiness, hospital emergency room standard, emergency room quality indicator
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 May 2024 02:12
Last Modified: 08 May 2024 02:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44752

Actions (login required)

View Item
View Item