HADIQ FARIZ MUSTOFA (2024) CREATIVE TEAM STRATEGIES IN SHOWCASING HOT ISSUE GUEST STARS TO SUSTAIN THE "RUMPI NO SECRET" PROGRAM'S EXISTENCE ON TRANS TV. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini membahas peran tim kreatif dalam menentukan strategi produksi, khususnya pada program talkshow Rumpi No Secret di Trans TV. Dalam konteks persaingan industri televisi yang semakin ketat, tim kreatif memiliki peran penting dalam mengembangkan konsep, memilih tema, dan memilih bintang tamu yang dapat mempertahankan eksistensi program. Program ini berhasil memanfaatkan privasi sebagai komoditi untuk menarik perhatian penonton dan mencapai rating serta share yang konsisten. Teori yang digunakan pada penelitian ini meliputi, strategi tim kreatif produksi program tv, tim kreatif, talkshow, dan eksistensi pada program tv. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran tim kreatif sangat penting dalam kesuksesan sebuah program talkshow di televisi. Hal ini menjadi fokus utama dalam menentukan strategi yang tepat dalam menciptakan konsep seperti pemilihan narasumber dan mengemas konten secara menarik dapat menjadi kunci dalam mempertahankan dan meningkatkan minat penonton. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dengan menggambarkan bagaimana program talkshow, khususnya Rumpi No Secret dapat berhasil melalui penerapan strategi kreatif yang efektif dalam menghadirkan bintang tamu hot issue serta menjaga daya tarik dan keberhasilan suatu program talkshow dalam industri televisi yang kompetitif. Dengan mengangkat dan mengundang bintang tamu hot issue serta kontroversial, program ini mampu mencapai rating dan share yang konsisten. Kesuksesan tersebut tidak lepas dari peran strategi tim kreatif dalam menentukan tema, pemilihan narasumber, serta cara pengemasan berita seputar selebriti.

Dosen Pembimbing: Wulan Widyasari, S.Sos., M.A. | NIDN0530088601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TV Program, Existence, Creative Team
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 May 2024 06:27
Last Modified: 28 May 2024 06:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44987

Actions (login required)

View Item View Item